Berliani hana safira

• Kerajinan fungsi hias sudah dikembangkan sejak lama di berbagai negara termasuk pula Indonesia. Beberapa daerah terkadang memiliki kerajinan fungsi hias dengan keistimewaannya masing-masing.
Kerajinan tangan merupakan salah satu keterampilan menghasilkan benda yang memenuhi nilai tertentu dan memiliki nilai seni. Salah satu jenis kerajinan tangan adalah kerajinan fungsi hias. Seperti namanya kerajinan ini merupakan kerajinan yang dibuat atas dasar nilai pengihas atau keindahan.
Kerajinan hias dibuat dari berbagai bahan dengan teknik pembuatan yang beragam. Beberapa contoh dari kerajinan hias diantaranya seperti patung, lukisan, miniatur, bunga, dan berbagai benda yang memiliki nilai estetika.
Pada dasarnya, kerajinan tangan memiliki dua fungsi yaitu fungsi pakai dan fungsi hias. kerajinan fungsi pakai adalah kerajinan yang hanya mengutamakan kegunaan dari benda yang dihasilkan tersebut dan memiliki nilai estetika sebagai tambahan agar lebih menarik.
Sedangkan kerajinan fungsi hias adalah kerajinan yang mengutamakan keindahan tanpa memperhatikan fungsi pemakaian dari barang tersebut. Kerajinan fungsi hias dibuat semata-mata sebagai hiasan pada suatu benda atau sebagai pajangan suatu ruang dengan memperhatikan nilai estetika tertentu.
Nilai estetik dalam kerajinan fungsi hias dilihat dari segi bentuk,warna ragam hias, dan komposisi. Dari segi bentuk disuguhkan aneka ragam bentuk, sesuai fungsi yaitu sebagai produk hiasan, baik bentuk dua atau tiga dimensi.
Kerajinan fungsi hias juga dapat dimodifikasi sedemikian rupa agar menciptakan nilai lebih pada benda tersebut. Modifikasi adalah mengubah,menggayakan,menambah atau menyederhanakan bentuk,memadukan aneka bahan, mengatur ulang komposisi warna, motif,dan menciptakan karya baru yang sangat berbeda dari asalnya.
https://hot.liputan6.com/read/3928271/kerajinan-fungsi-hias-bahan-dan-unsur-pentingnya-yang-bernilai-estetik

• Alasan pembuatan kerajinan berbasis media campuran adalah untuk menghindari desain yang monoton dan juga memanfaatkan bahan baku yang ada.

Penjelasan:

Kerajinan dapat dibuat dari beragam bahan baku, Dan memanfaatkan sisa bahan baku sering kali menjadikan suatu kerajinan dengan motif yang unik, misalnya menggunakan beragam kain perca yang dapat digunakan untuk membuat sebuah tas yang unik. dan kain perca ini tentu dari beragam motif dan juga jenis kain yang berbeda.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/20323091#readmore

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nana lailatul Q.

Elza nurdiyanti R.

Rizky chandra K.